Friday, 18 May 2012

Rahasia Kebahagiaan di Tempat Kerja


Siapa yang tidak ingin bahagia? Kebahagiaan merupakan situasi dan kondisi yang banyak diinginkan oleh banyak orang. Kebahagiaan bukan hanya terjadi di luar jam kantor, namun kebahagiaan juga dapat terjadi di lingkungan kerja.
Tahukah anda? Orang yang tidak bahagia dalam hidup, tidak mungkin menemukan kepuasan di tempat kerja. Ini adalah temuan dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Occupational and Organizational Psychology, dikutip dari Science Daily, (1/4/2010).
Asisten Profesor Nathan Bowling dari Wright State University, Amerika Serikat, dan rekannya Kevin Eschleman dan Qiang Wang melakukan meta-analisis terhadap hasil 223 studi yang dilakukan antara 1967 dan 2008. Penelitian ini terkait dengan beberapa kombinasi dari kepuasan kerja dan kepuasan hidup (atau kesejahteraan subjektif).
Bila orang puas di tempat kerja, apakah ini berarti mereka akan lebih puas dan bahagia dalam hidup secara keseluruhan? Hasil penelitian menunjukkan, jika orang-orang cenderung atau memang bahagia dan puas dalam kehidupan pada umumnya, maka mereka akan bahagia dan puas juga dalam pekerjaan mereka.
Mereka yang tidak bahagia dalam kehidupan secara keseluruhan, cenderung tidak akan menemukan kepuasan dalam bekerja.
Namun, bagi mereka yang puas dalam kehidupan secara keseluruhan dan memilih mencari kebahagiaan di tempat kerja, menunjukkan mereka sebenarnya tidak mengalami kepuasan kerja atau mereka tengah meningkatkan ukuran kebahagiaan dengan mengejar sebuah kepuasan yang lebih dari sebelumnya.
Apapun kondisi anda saat ini, kebahagiaan ada dihadapkan anda. Hanya saja, perlu bagaimana cara untuk menggapainya. Jauh atau dekat, itu semua adalah subyektifitas kebahagiaan seseorang.

No comments:

Post a comment