Monday, 11 July 2011

Tips Cara Berpakaian untuk Wawancara Kerja


Kesan pertama adalah kunci ketika anda wawancara kerja. Bukan hanya membuat terkesan pewawancara dengan tingkat pendidikan dan pengalaman anda, namun perlu juga mereka tahu penampilan terbaik anda. Bahkan bila anda melamar pekerjaan di sebuah pabrik sebagai tukang sapu, anda harus berpakaian terbaik saat wawancara.
Dikutip dari Campus Grotto, berikut adalah tips cara berpakaian saat wawancara kerja.

Pakaian
Apa yang anda kenakan menentukan nasib anda atas pekerjaan tersebut. Anda boleh menjadi orang yang paling berkualitas dan cerdas saat diwawancarai, namun bila anda mengenakan sesuatu yang terlalu buruk untuk dilihat, maka Anda akan diabaikan begitu saja.
  1. Bila anda seorang wanita, memakai rok setidaknya menutupi lutut. Cobalah untuk menghindari high heels dan sepatu terbuka.
  2. Hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat.
  3. Bila anda seorang pria, perlu bagi anda untuk memakai jas dan dasi. Kemeja harus terselip di dalam celana dan ada ikat pinggang.
  4. Pastikan pakaian anda disetrika dan bebas dari keriput dan noda.
  5. Pastikan pakaian anda serasi. Cobalah untuk memilih warna yang netral seperti biru, hitam, putih, atau cokelat.
  6. Tinggalkan warna cerah seperti pink dan merah menyala. Jangan pula mengenakan pakaian bergambar, seperti bunga dan sejenisnya.
  7. Hapus semua tindikan pada tubuh anda, seperti cincin lidah, cincin hidung, atau tindikan di telinga.
  8. Tato jelas tidak diperlukan.
  9. Bagi wanita harus memilih cat kuku yang ringan dan konservatif. Jangan hitam atau oranye.
Rambut

Rambut Anda harus rapi. Jika Anda seorang wanita, pastikan gaya rambut anda konservatif. Mungkin dikuncir atau tersisir rapi ke bawah. Pria harus memastikan bahwa rambut mereka tidak terlalu panjang dan sudah mencukur jenggot dan kumis.

Make up (riasan wajah)
Bagi wanita perlu untuk menempatkan riasan sedikit mungkin. Jangan berlebihan pada pondasi bedak dan menjaga mata dari penggunaan eye shadow agar terlihat alami. Kenakan lipstik dan blush dengan warna netral. Anda tentu tidak ingin pergi ke sebuah wawancara seperti anda siap untuk ke pesta. Pada dasarnya, Anda harus memakai make-up, namun terlihat seperti tidak memakai sama sekali.
Parfum
Baik pria maupun wanita, harus memilih aroma yang tidak terlalu kuat. Terapkan sedikit mungkin karena anda tidak ingin pewawancara tersengat bau parfum anda, bahkan sebelum anda mendekat.

Perhiasan
Khusus bagi wanita, tentu anda suka mengenakan cincin di setiap jari dan dua puluh gelang di tangan anda. Namun untuk wawancara, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup satu atau dua cincin dan mungkin satu gelang. Pria dengan tindik telinga harus menghapus anting-anting mereka.

Tas kantor
Membawa portfolio atau tas, ini akan membuat anda terlihat profesional dan siap. Bahkan bila anda memiliki pad kertas dan pensil, anda akan terlihat sebagai bagian pelamar yang siap untuk bekerja.
Perlu bagi anda untuk membuat kesan ini. Dasar-dasar berpakaian untuk wawancara harus konservatif dan profesional. Bila anda melamar, maka penampilan anda harus mewakili perusahaan dan lakukan sebaik mungkin.

No comments:

Post a comment