Saturday, 9 July 2011

Tidur dan Pengaruhnya Untuk si Kecil

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini oleh Developmental and Behavioral Pediatric, menunjukkan bahwa anak pada usia sekolah mengalami masalah tidur yang signifikan. Termasuk di dalamnya terbangun sulit untuk tidur, terbangun tengah malam, mimpi buruk, dan tidur sambil berjalan. Pada si kecil yang berusia lebih tua, mengompol menjadi sebuah tantangan.

Saat si kecil mulai masuk sekolah, hal ini bisa mengganggu. Ini dikarenakan ia akan mengalami kesulitan kognitif, perilaku dan emosi yang berkaitan dengan kesulitan tidur. Hal ini didasarkan penelitian yang dilakukan oleh Developmental Psychology, sebuah jurnal yang dipublikasi oleh Asosiasi Psikolog Amerika (American Psychological Assosiation).
Waktu tidur pada si kecil sangat bervariasi. Demikian pula pada waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Waktu yang dibutuhkan si kecil untuk terjaga dan sepenuhnya bangun pun akan berbeda-beda. Namun, hal yang penting untuk dilakukan adalah, kita harus membiasakan kebiasaan tidur yang baik sejak dini.

Berikut beberapa saran yang bisa kita coba :
  1. Ajarkan bagaimana pola tidur yang sehat pada si kecil.
  2. Tekankan pentingnya pola tidur yang baik dan sehat.
  3. Buat kamar tidur si kecil kondusif untuk tidur. Gelap, dingin, dan tenang.
  4. Jangan meletakkan komputer dan TV dalam kamar tidurnya.
  5. Jauhkan kafein dari si kecil.

No comments:

Post a comment