Saturday, 9 July 2011

Bagaimana Menjadi Ahli dalam Wawancara Kerja

Menguasai wawancara kerja adalah keterampilan yang penting bagi semua pencari kerja dan keterampilan yang sangat berharga untuk seluruh hidup anda ketika bekerja. Warga negara Amerika Serikat rata-rata memiliki lebih dari 10 pekerjaan dalam hidup mereka jadi ini adalah keterampilan yang Anda lakukan pada suatu waktu dan waktu berikutnya lagi.
Untungnya, menguasai proses wawancara kerja tidak menakutkan seperti yang anda bayangkan. Kesalahan paling umum terjadi karena tidak mempersiapkan diri untuk wawancara. Jika anda mempersiapkan diri dengan baik anda dapat mengikuti proses wawancara dengan percaya diri. Berikut adalah tips yang dilansir oleh Campus Grotto untuk persiapan hari menentukan bagi anda:

Lakukan Sebuah Riset
Pelajari sebanyak mungkin tentang perusahaan yang dituju. Sebagian besar informasi akan mudah di temukan pada website perusahaan. Bila tersedia, anda dapat memilih informasi yang berguna dalam website tersebut, yaitu dengan menelusuri tautan “Tentang Kami”, “Karir” dan “Tim kami”. Jika mereka adalah perusahaan publik, laporan tahunan juga merupakan sumber informasi yang relevan.

Praktek, Praktek, dan Praktek
Bermain peran wawancara dengan teman atau anggota keluarga dapat anda lakukan untuk merasa lebih nyaman ketika menjawab pertanyaan dan juga menceritakan pengalaman kerja anda sebelumnya. Mengapa anda pantas untuk pekerjaan ini, kekuatan dan kelemahan anda, dan seterusnya. Mintalah pasangan praktek Anda untuk memberitahu anda jika anda berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Semakin anda berlatih berbicara tentang diri anda, pengalaman kerja anda, mengapa anda menginginkan pekerjaan ini dan mengapa anda pantas untuk pekerjaan ini, akan semakin membuat anda yakin. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengontrol diri ketika wawancara akan dimulai.

Pilih Beberapa Cerita Sukses Masa Lalu
Pewawancara menyukai teknik wawancara bentuk perilaku. Teknik ini terdiri pewawancara meminta anda untuk memberikan contoh aktual dari kehidupan anda atau pengalaman sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan. Misalnya, jika anda melamar untuk peran yang membutuhkan layanan pelanggan yang sangat baik, pewawancara mungkin akan meminta anda untuk memberikan contoh saat dulu anda menyediakan layanan pelanggan. Luangkan waktu untuk berpikir tentang berbagai macam kesuksesan atau hal terbaik dalam hidup anda dan berlatih untuk menjelaskan dengan baik.

Tahu Siapa Anda Rapat
Selalu pastikan anda mengetahui nama lengkap dan gelar dari orang yang anda akan temui untuk wawancara. Jangan takut untuk meminta departemen rekrutmen untuk informasi ini. Hal ini menunjukkan anda berminat pada perusahaan dan juga proses wawancara. Hafalkan nama-nama dan gelar mereka sebelum anda wawancara. Cara terbaik dalam wawancara adalah penting untuk percaya diri, namun tidak mengetahui nama pewawancara bukanlah awal yang baik.
Ini hanya empat tips sederhana yang mungkin membuat anda lebih mudah dalam menjalani berbagai macam proses wawancara kerja dalam hidup anda. Semoga berhasil!

No comments:

Post a comment